Wednesday, June 6, 2012

IC Card: Hasil Teknologi Jepang

Dalam artikel yang satu ini, saya ingin menjelaskan sedikit tentang IC card yang sering dipakai di Jepang. IC card ini tidak hanya bisa digunakan sebagai tiket masuk kereta, tapi juga bisa digunakan sebagai pengganti uang, seperti layaknya kartu prabayar.

Kartu SUICA saya yang saya gunakan sebagai commuter pass
IC card ini mulai meledak beberapa tahun yang lalu karena kepraktisannya. Kita tidak perlu lagi mengantre di depan loket untuk membeli tiket. Kita juga tidak perlu lagi bingung dengan uang receh yang semakin menumpuk setiap kali kita membeli makanan kecil. Kalau habis, kita bisa mengisi ulang kartu ini di stasiun mana saja.

Jepang, terutama daerah di sekitar Tokyo memiliki beberapa jenis IC card. Tapi di sini, saya akan memberikan satu contoh kartu yang disebut SUICA, karena pengguna kartu ini relatif lebih banyak dan cara pembeliannya sangat mudah. Kita hanya perlu berdiri di depan loket otomatis, menekan beberapa tombol, membayar beberapa yen dan tadaaaaa! kartu itu sudah berada di tangan kita!

Di sini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membeli, mengisi ulang pulsa kartu, dan me-refund (mengembalikan) kartu tersebut. 

1. Membeli

SUICA bisa dibeli di setiap stasiun JR di daerah sekitar Tokyo. Pertama yang perlu kita lakukan adalah menghampiri mesin seperti di foto di bawah ini. Tidak perlu pikir panjang, pencet saja bahasa inggris. 


Mesin penjual tiket

Untuk membeli, tekan "Purchase new SUICA" dan kita akan dipandu dalam proses pembelian. Di sini kita bisa memilih untuk membeli MySUICA atau SUICA. SUICA adalah IC card standard. Kalau kita membeli MySUICA, kita bisa menulis nama kita di atas kartu, tapi saat kita ingin me-refund, kita diharuskan untuk menunjukkan identitas diri. 

Setelah itu, kita harus membayar 2000 Yen (sekitar 200.000 Rupiah). Nominal sebesar 500 Yen akan digunakan sebagai deposit, jadi kita bisa memiliki 1500 Yen untuk digunakan.



Tekan "Purchase" untuk membeli dan "Charge" untuk mengisi ulang


2. Mengisi ulang.

Sama dengan cara membeli, hanya saja pencet saja "Charge" dan isi ulang kartu dengan nominal sesuka hati.



MySUICA atau SUICA?


3. Refund

Refund bisa dilakukan di semua kantor Midori no Madoguchi Ticket Office milik JR di daerah Tokyo dan sekitarnya. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat melakukan refund.
  • Jika pulsa melebihi 210 Yen, maka kita diharuskan untuk membayar uang administrasi sebesar 210 Yen. Jadi kalau tidak mau rugi, pakai pulsa sampai habis dulu sebelum refund.
  • Pengembalian mySUICA memerlukan identitas diri seperti paspor atau KTP

4. Lain-lain

SUICA adalah IC card yang hanya bisa digunakan di daerah Tokyo dan sekitarnya. Setiap daerah memiliki IC card mereka sendiri-sendiri, seperti ICOCA untuk daerah Osaka dan sekitarnya, Kitaca untuk daerah Hokkaido dan sekitarnya dan masih banyak lagi.


Selamat menikmati kepraktisan teknologi Jepang!

No comments:

Post a Comment