Wednesday, October 3, 2012

Bambi Everywhere!

Salah satu keunikan kota Nara adalah rusa. Rusa di Nara dianggap suci karena kabarnya dulu seorang dewa datang ke Nara dengan menggunakan Rusa. Kita bisa melihat Nara di berbagai tempat, bahkan di tengah jalan sekalipun. Jadi, rasanya seperti di taman safari, hanya saja hewan yang ada hanya rusa.

Untuk menjaga agar wisatawan tidak memberikan makanan sembarangan pada rusa-rusa tersebut, pihak pariwisata Nara memiliki cara unik. Mereka menyediakan sebuah snack khusus bagi rusa dan dijual dengan harga 150 Yen, berisi 10 lembar. Nama snack ini adalah Shika-senbei (Deer Biscuit)


Rusa yang duduk di tengah jalan

Dengan adanya snack khusus ini, hati wisatawan (termasuk saya) jadi lebih terdorong untuk memberikan makanan khusus ini pada para rusa. Lagipula, di pinggir jalan, selalu ada papan yang mengingatkan bahwa rusa-rusa ini sensitif. Mereka bakal sakit perut kalau makan makanan lain.

Selain itu, yang perlu kita ingat adalah bahwa rusa-rusa ini bukan hewan peliharaan. Mereka mungkin saja sudah terbiasa dengan manusia, tapi mereka tetap saja hewan liar. Kalau mengamuk, mereka bisa menyeruduk, bahkan menendang. Beberapa kali saya mencoba untuk mengusap kepala rusa-rusa ini, tapi mereka selalu berjenggit dan segera kabur.

Selama dua hari ini, saya bisa menemukan rusa-rusa di tempat sebagai berikut:
1. Nara Park
2. Kompleks Koufuku-ji temple
3. Kompleks Kasuga Taisha Shrine
4. Great Southern Gate of Todai-ji temple

Cobalah membeli Shika-senbei dan bersenang-senanglah dengan rusa-rusa di Nara!
Kalau suka dengan hiruk pikuk, pilihlah Nara Park atau kompleks Koufuku temple. Kalau lebih suka tempat yang sepi dan tenang, pilihlah jalan setapak di kompleks Kasuga Taisha Shrine. Dan hati-hati, tetap ingat bahwa rusa-rusa ini bukan hewan peliharaan.


MAP


View Deer in a larger map

No comments:

Post a Comment